OPPO Find Clover R815 Vs Samsung S3 Mini I8190

Jika dicermati, sesungguhnya tidak ada yang istimewa atau tidak ada sesuatu yang baru dari handphone-handphone yang dirilis pada tahun 2013 sampai dengan artikel ini dibuat. Perubahan-perubahan atau improvement dari sebuah produk handphone hanya sebatas pada penyempurnaan dari fitur-fitur smartphone yang sudah ada sebelumnya, tidak ada yang cukup mengejutkan pasar. Begitu juga dengan produk smartphone yang diluncurkan oleh OPPO, semenjak launching di indonesia pertama kali pada awal tahun 2013. Tetapi bila dibandingkan dengan handphone merk lain di tahun 2013, OPPO masih lebih sedikit menonjol dari segi inovasi, paling tidak jika untuk sebuah ide saja. Inovasi yang dilakukan oleh OPPO bisa dilihat dari kamera putar pada handphone OPPO N1 yang dirilis akhir desember 2013, itupun belum cukup untuk menjadi sebuah trend baru yang booming di kalangan masyarakat pengguna handphone. Artikel kali ini sebenarnya adalah review untuk handphone OPPO Find Clover R815, jadi mari kita lupakan dulu apa yang sudah disampaikan di awal artikel ini.

Dari segi desain, OPPO Find Clover tidak jauh berbeda dengan varian handphone OPPO lainnya, simple dan minimalis, perpaduan warna hitam di bagian depan dan dibalut warna putih mutiara di bagian belakang memberi kesan elegan, dan kombinasi warna seperti ini memang akan memberikan kesan elegan pada setian handphone merk apapun yang ada di pasaran. Dari segi bahan, OPPO Find Clover R815 dirancang dari bahan premium seperti layaknya handphone-handphone berkelas lainnya. Meskipun didesain sangat minimalis OPPO Find Clover R815 terlihat cukup mewah dan nyaman di tangan, untuk lebih jelasnya bisa di lihat pada gambar berikut.


OPPO Find Clover R815


Untuk sebuah penampilan, hampir semua varian OPPO yang beredar di indonesia bisa dibilang cukup stylish, begitu juga dengan OPPO Find Clover. Meskipun hanya dengan layar 4.3 inchi, OPPO Find Clover masih bisa dibilang berlayar lebar karena sangat proporsional dengan ukuran keseluruhan bodynya. Dengan teknologi IPS LCD, GFF touchscreen tentu dan resolusi 800 x 480 akan memberikan pandangan yang nyaman untuk mata. Satu lagi kelebihan OPPO Find Clover dengan ukurannya yang tidak terlalu lebar adalah bisa lebih mudah dioperasikan hanya dengan satu tangan.

Berikut spesifikasi lengkap OPPO Find Clover R815,

Spesifikasi
Keterangan
Overall
Touch
Color
Silver white
CPU
MTK6589 Quadcore 1.2 GHz
GPU
Imagination Power VR SGX544
Memory
1GB
Storage
4GB (+ micro SD up to 32GB)
System Operation
Android 4.2.1
Display
4.3 inch IPS
Screen Resolution
800 x 480 WVGA
Color
16 M
Camera
5MP Back Camera, 2MP Front Camera
Battery
1700mAh
Multimedia
Musik : FLAC,  APE,  AAC,  MKA, OGG, MP3, MIDI, M4A, AMR, WAV dan lain-lain
Video : MP4, 3GP, MOV, MKV, AVI, FLV, MPEG dan lain-lain
Gambar : JPEG, PNG, GIF, BMP dan lain-lain
Jaringan
Jaringan Standard EditionGSM/TD-SCDMA  Frekuensi 2G GSM 850 / 900 / 1800 / 1900MHz | 3GWCDMA 850 / 900 / 2100MHz | GPS GPS + AGPS Layanan Data GPRS / EDGE / HSPA+ 42Mbps Bluetooth  2.1Bluetooth HD 
Isi Kemasan
Device, cable data, charger, earphone, buku informasi

Dari penampilan luarnya, OPPO Find Clover rasanya sudah cukup bagus, tidak mengecewakan dan pantas dikategorikan sebagai handphone kelas premium. Lalu bagaimana dengan jeroan dan fitur-fitur yang diusung oleh OPPO Find Clover R815 ? di sini akan dibahas satu persatu.

Dalam review ini akan kita gunakan pembanding dari handphone OPPO Find Clover R815 yaitu handphone Samsung S3 Mini I8190 yang memiliki harga hampir sama dengan OPPO Find Clover R815, cukup adil bukan ?

Prosesor
OPPO Find Clover R815 dirakit dengan prosesor MTK6589 quadcore 1.2 GHz, dengan proses fabrikasi 28nm, tidak hanya hemat daya, prosesor ini juga mampu menjalankan sistem dengan optimal, merupakan sebuah user experience yang menakjubkan. Dilengkapi RAM 1GB, beragam game dan aplikasi yang berat dapat dioperasikanmdengan lancar dan sempurna, meskipun dibuka secara bersamaan. Sedangkan Samsung S3 Mini menggunakan prosesor yang masih di bawah quadcore 1.2 GHz yaitu dual core 1 GHz.

Kamera
OPPO Find Clover dilengkapi dengan kamera belakang 5MP dan 2MP untuk kamera depan, dengan fitur tap shutter dan beragam mode. Samsung S3 Mini memiliki kamera belakang 5MP sedangkan kamera depan masih menggunakan teknologi VGA.

System Operation
System operation yang digunakan dalam OPPO Find Clover adalah android 4.2 jelly bean dan operating system yang digunakan oleh Samsung S3 Mini adalah android 4.1 jelly bean.

Display
OPPO Find Clover memiliki layar dengan ukuran 4.3 inchi beresolusi 800 x 480 dengan teknologi IPS LCD dan GFF touchscreen sedangkan Samsung S3 Mini I8190 memiliki layar berukuran 4 inchi dengan resolusi 800 x 480 pixels dengan teknologi super AMOLED capacitive touchscreen.

Battery
Kapasitas battery OPPO Find Clover R815 sebesar 1700mAh, berbeda dengan kapasitas battery Samsung S3 Mini yang sebesar 1500mAh.

Multimedia
Salah satu fasilitas yang dijadikan pertimbangan sebelum membeli sebuah handphone adalah kemampuan multimedia. OPPO Find Clover R815 mampu memainkan musik dalam berbagai format diantaranya adalah FLAC,  APE,  AAC,  MKA, OGG, MP3, MIDI, M4A, AMR, WAV dan lain-lain, sedangkan untuk video tersedia beberapa format diantaranya MP4, 3GP, MOV, MKV, AVI, FLV, MPEG dan lain-lain, untuk gambar OPPO Find Clover dapat mengoperasikan format seperti JPEG, PNG, GIF, BMP dan lain-lain. Untuk format multimedia yang bisa dijalankan oleh Samsung S3 mini tidak jauh berbeda dengan OPPO Find Clover.

Dengan dual sound system dilengkapi dolby sound dan dual audio enhancement dirac HD sound, efek stereo pada handphone OPPO Find Clover lebih unggul untuk menikmati berbagai fasilitas multimedia yang ada di handphone ini. Bagi pecinta musik, OPPO Find Clover akan memanjakan Anda dengan independent audio chip yang merupakan chip profesional bagi pecinta musik.

Fitur Unggulan
Beberapa fitur unggulan yang terdapat pada OPPO Find Clover R815 adalah,

Music lock screen, yaitu layar kunci musik, ditambah wallpaper dinamis pada layar kunci, widget musik player dapat diaktifkan hanya dengan menahan tombol home.

Halaman interface bagi pecinta musik dengan tampilan piringan hitam, menciptakan visual dan audio yang mengesankan, tombol menu dan fitur yang user friendly berada di lajur bawah.

Smart sleep, sebuah fitur untuk mengaktifkan dan mengunci layar handphone hanya dengan tatapan mata.

Fitur pure background yang bisa menghalangi aplikasi third party beroperasi di background dan menggunakan data yang berlebihan.

Sedangkan Samsung S3 Mini memiliki beberapa fitur unggulan sebagai berikut :
Sensors accelerometer, gyro, proximity, compass Messaging – sms, mms, Email, Push mail, Im , RSS Browser html, radio, Gps with A-gps support and GLONASS MP4/Divx/XviD/WMV/H.264/H.263 player
Mp3/WAV/eAAC+/AC3/FLAC player SNS integration, organizer, image/video editor, document viewer,Google search, mpas, Gmail, youtube, calendar, google telk, picasa, voice memo/dial/commands, predictive text input ( Swype).

Demikian review singkat handphone OPPO Find Clover R815.





2 comments:

  1. tatanium magnetic - ITIAN ART - Titanium - TITanium
    Titanium used ford escape titanium Magnetic is an excellent titanium quartz crystal magnet for your body and spirit. titanium trimmer This magnetic magnetic device has been designed to improve does titanium set off metal detectors your $17.95 titanium cartilage earrings · ‎In stock

    ReplyDelete